Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengkonsumsi sayur dan lauk pauk secara seimbang. Sayur sayuran memiliki manfaat yang beragam sesuai dengan jenis sayur. Setiap sayur memiliki fungsinya masing masing sesuai dengan kandungan yang ada di dalamnya Salah satu jenis sayur yang memiliki kandungan dan sangat bermanfaat bagi tubuh adalah brokoli.

memiliki banyak manfaat yang bisa kamu coba. Sayur ini berwarna hijau dan bagian yang dikonsumsi adalah bagian kepala bunga.

Brokoli memiliki kesamaan bentuk dengan kembang kol. Banyak yang mengira bahwa kembang kol merupakan brokoli putih, karena perbedaan hanya terdapat pada warnanya yang putih. Namun nyatanya tidak demikian.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Adapula tanaman yang disebut brokoli kuning. Tetapi brokoli kuning ini hanya menyerupai sayur brokoli yang biasa kamu konsumsi. Brokoli kuning merupakan tanaman hias yang menyerupai brokoli.

Biasanya brokoli diolah menjadi salad dan tumisan. Nutrisi yang terdapat pada brokoli memiliki banyak khasiat yang beragam. Apa saja manfaatnya?

1.Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli mengandung lutein karotenoid yang tinggi sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit katarak dan makula. Selain lutein karotenoid, brokoli juga mengandung vitamin A yang memang terkenal untuk menjaga kesehatan retina mata. Oleh karena itu, mengkonsumsi brokoli dapat menjaga kesehatan mata dan menjaga ketajaman penglihatan

2.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam brokoli dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan antioksidan ini mamlpu melawan infeksi, dan melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, brokoli memiliki kandungan lain yang dapat bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Kandungan tersebut adalah fitonutrien, fitokimia dan termasuk juga sulfarophane. Dengan begitu, tubuh menjadi memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik. Hal ini dapat membantu memerkua ketahanan fisik agar tubuh tidak mudah terjangkit penyakit.

3.Mencegah Kanker

Kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocynate memiliki sifat antikanker. Sifat anti kanker yang dimiliki oleh brokoli ini berfungsi untuk mencegah terjadiya masalah kanker kandung kemih, kanker payudara, usus besar dan kanker ovarium.

4.Mencegah terjadinya Depresi

Depresi bisa dialami oleh siapa saja dan dapat mengakibatkan perasaan yang tidak tenang pada penderitanya. Depresi biasanya terjadi karena adanya tekanan pikiran yang berat atau memendam perasaan yang begitu berat. Banyak yang mengatakan bahwa orang yang mengalami stress atau gangguan pikiran ringan, dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi coklat. Namun ternyata, brokoli juga dapat berfungsi seperti coklat karena memiliki kandungan asam folat dan vitamin B. Kandungan asam folat dan juga vitamin B dapat memperbaiki suasana hati dan mencegah terjadinya depresi. Untuk itu, bagi yang memiliki masalah tekanan batin, kelelahan dan daya ingat yang buruk akibat suasana hati yang tidak stabil, dapat diatasi dengan mengkonsumsi brokoli.

5.Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Biasanya sayuran hanya menjaga kesehatan seputar pencernaan dan kebugaran tubuh. Namun, brokoli ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang. Selain kalsium, brokoli juga mengandung vitamin K yang dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Untuk itu, bagi yang mengalami masalah tulang dan gigi, bisa mnecoba mengkonsumsi brokoli setiap hari agar mendapatkan gigi dan tulang yang sehat.

6.Mengurangi Berat Badan

Manfaat sayur brokoli merupakan salah satu sayur yang memiliki kandungan kaya akan serat. Kandungan serat dalam brokoli mampu membuat perut menjadi terasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat membantu dalam proses diet atau penurunan berat badan. Meskipun rasa dari brokoli ini kurang begitu enak, namun efek yang diberikan untuk mengurangi berat badan sangat bermanfaat bagi yang mengalami masalah berat badan.

7.Menjaga Kesehatan Kulit

Selain baik untuk kesehatan, brokoli ini ternyata juga baik dapat menjaga kesehatan kulit. Senyawa glucoraphanin dalam brokoli dapat membantu kulit memperbaiki kulit rusak yang disebabkan sinar matahari atau proses penuaan. Vitamin E yang terkandung dalam brokoli bagus untuk mempercpat proses regeneras sel kulit mati.

8.Mengontrol Tekanan Darah

Konsumsi brokoli dapat membantu untuk menjaga tenakanan darah. Kandungan kalium dan magnesium yang terdapat dalam brokoli telah diketahui dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Untuk itu, bagi penderita gangguan tekanan dapat tinggi, dapat mengkonsumsi agar tekanan darah menjadi normal dan terhindar dari tekanan darah tinggi.

9.Mengontrol Kolesterol

Mengkonsumsi brokoli yang dimasak dengan direbus memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat menghindarkan dari gejala sakit jantung. Kandungan serat yang ada dalam brokoli mampu mengatasi masalah menumpuknya koleterol dalam tubuh. Sehingga aliran darah menjadi lancar dan terhindar dari penyakit jantung.

10.Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang ada dalam brokoli membantu sistem pencernaan untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Serat yang ada dalam brokoli dapat mencegah sembelit. Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane yang dapat meningkatkan produksi enzim pada hati. Enzim yang diproduksi oleh hati yang dipengaruhi oleh sulfarophane ini dapat mengeluarkan zat penyebab gejala kanker. Tidak hanya itu, sulfarophane juga dapat mengurangi resiko masalah pencernaan seperti maag dan infeksi lambung.

Nah, sekerang sudah tahu kan khasiat brokoli hijau yang baik untuk kesehatan tubuh Anda Selamat Mencoba!

Iklan Bawah Artikel

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.