Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Gula aren adalah gula yang dihasilkan melalui proses penyadapan air nira dari pohon aren (Arenga pinnata Merr). Air nira yang digunakan biasanya menggunakan bunga jantan dari pohon aren atau enau.

Pembuatan gula aren lebih banyak menggunakan bunga jantan karena nira dari bunga jantan menghasilkan air nira yang lebih banyak daripada yang dihasilkan oleh bunga bentina. Selain itu, kualitas air nira dari bunga jantan lebih memuaskan.

Apa manfaat gula aren? Semua masyarakat Indonesia, pasti sudah mengenal dengan apa yang namanya gula aren. Gula aren merupakan salah satu jenis gula alami yang diproduksi oleh masyarakat. Gula merah ini dikenal sebagai pemanis alternatif selain gula pasir. Gula merah juga memiliki serangkaian manfaat lainnya yang baik bagi tubuh.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Mengambil khasiat gula merah sebagai pemanis alternatif gula pasir cukup tepat, karena gula merah memiliki angka indeks glikemik yang baik bagi tubuh. Gula aren merupakan gula merah asli yang memiliki khasiat banyak untuk kesehatan. Meskipun begitu, mayoritas masyarakat zaman sekarang belum banyak mengetahuinya.

Apa manfaat gula aren bagi tubuh? Gula merah mengandung antioksidan dan nutrisi yang dapat membantu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Ternyata, ada juga beberapa manfaat gula aren yang baik untuk kesehatan tubuh.

Apa manfaat gula aren untuk kesehatan tubuh? Nah, agar kita tidak hanya sekedar menjadi penikmat rasa manisnya saja, ada baiknya kita juga mengetahui manfaat gula aren ini.

Kandungan gula aren

Selain proses pembuatannya, Anda juga perlu tahu bahwa ada beberapa manfaat gula aren (gula merah) yang punya kandungan zat gizi. Kandungan zat yang terdapat dalam gula aren, meliputi karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B3 (niasin) dan vitamin C.

Di samping itu, gula aren juga mengandung serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan sehingga bisa terhindar dari masalah medis pada sistem pencernaan. Gula aren memiliki kandungan fruktosa dan sukrosa yang cukup tinggi yang memberikan citarasa manis alami dan sehat. Yuk simak beberapa manfaat gula aren bagi kesehatan tubuh di bawah ini.

1.Mengatasi kelelahan

Mengandung folat dan zat besi dalam jumlah yang tinggi, manfaat gula jawa yang bisa dirasakan adalah mencegah kelelahan dan juga rasa lemas yang merupakan gejala umum dari anemia.

2.Melawan radikal bebas

Manfaat gula merah lainnya adalah kemampuannya melawan efek radikal bebas. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama selenium yang membantu mencegah berbagai efek radikal bebas

Selain itu, antioksidan yang dimiliki gula merah juga dapat mengurangi sejumlah tanda penuaan. Campuran gula merah dengan teh hangat dipercaya akan mengobati migrain dan sakit kepala.

3.Meningkatkan fungsi pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami sembelit, sepertinya Anda bisa mendapatkan manfaat gula jawa. Mengonsumsi gula merah akan meningkatkan sistem pencernaan pada tubuh dan membantu fungsinya agar tetap optimal.

4.Mencegah masalah pernapasan

Manfaat gula merah yang satu ini berguna bagi Anda yang memiliki masalah dengan sistem pernapasan. Oleh karenanya, konsumsi gula merah secara teratur dapat membantu mencegah masalah pernapasan seperti bronkitis dan asma. Selain itu, gula merah juga mengandung sifat tertentu yang membantu dalam mengatur suhu.

5.Menjadi sumber energi

Manfaat gula jawa yang terakhir adalah kemampuannya meningkatkan energi. Gula jawa adalah adalah makanan karbohidrat kompleks yang akan memberikan energi ke tubuh untuk waktu yang lebih lama, namun hal itu tidak akan membuat kadar gula darah naik.

Nah, itulah beberapa manfaat gula merah yang bisa Anda dapatkan. Meski gula merah sedikit lebih bermanfaat daripada gula biasa, hal penting yang harus diperhatikan adalah Anda harus mengonsumsinya dalam batas wajar.

Oleh karena itu, penderita diabetes tipe 2 harus memperlakukannya sama seperti gula lain dan menggunakannya dengan bijak, karena gula merah masih mungkin menaikkan kadar glukosa darah–meskipun gula merah memiliki kadar indeks glikemik yang lebih rendah.

Makanan atau minuman yang memiliki kadar indeks glikemik tinggi menyebabkan gula dalam darah melonjak, di mana hal ini bisa menyebabkan munculnya penyakit lain. Lonjakan gula darah yang spontan ini dapat menyebabkan tingkat insulin mengalami lonjakan dalam waktu singkat juga, dan ini dapat memiliki konsekuensi serius bagi penderita diabetes.

Meski gula merah tergolong aman dikonsumsi penderita diabetes. Bukan berarti gula merah lantas dapat dikonsumsi dengan bebas. Hal ini karena kandungan kalori pada gula merah hampir setara dengan gula putih, yaitu sekitar 4 gram karbohidrat dan 16 kalori per sendok teh.

6.Mencegah anemia

Gula merah memiliki kandungan yang kaya zat besi dan folat. Kedua kandungan tersebut ampuh dalam mencegah terjadinya anemia. Manfaat gula merah lanjutannya adalah mempertahankan kadar normal sel darah merah. Sering kali, gula merah dijadikan obat alami untuk mencegah anemia.

7. Melancarkan haid

Manfaat gula merah yang pertama adalah melancarkan siklus menstruasi. Bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur tidak adalah salahnya untuk mendapatkan manfaat gula jawa. Gula merah dipercaya memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga membuat siklus haid normal. Bahkan, gula merah juga dipercaya mampu meredakan kram saat menstruasi datang.

8.Mengatasi flu dan batuk

Gula merah juga sangat kaya akan antioksidan yang bisa membuat tubuh semakin kebal terhadap radikal bebas. Pada akhirnya, manfaat gula merah yang bisa dirasakan adalah sebagai terapi penyembuhan flu, batuk, dan demam.

9.Meningkatkan jumlah hemoglobin

Manfaat gula jawa yang penting lainnya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah hemoglobin. Jika kedua hal itu terjaga dalam kondisi baik penyakit yang disebabkan oleh gangguan darah bisa dihindari.

10.Mencegah penyakit kanker

Manfaat gula aren bisa mencegah berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini karena, gula aren memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Iklan Bawah Artikel

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.