Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Pada musim kemarau, cuaca di siang hari menjadi lebih terik dari biasanya sehingga bisa memengaruhi aktivitas Anda yang kerap bekerja di luar ruang. Anda akhirnya menggunakan sunscreen sebagai solusi.

Sinar matahari pada dasarnya mengandung dua jenis ultra violet (UV), yakni UVA yang dapat mengakibatkan penuaan pada kulit Anda dan UVB yang mengakibatkan kulit terbakar. Parahnya, kedua jenis sinar ini juga dapat menyebabkan kanker kulit.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Anda tentu tidak ingin mimpi buruk tersebut terjadi pada kulit Anda. Karenanya, Anda harus menggunakan pelindung matahari atau sunscreen yang maksimal sehingga kulit dapat tetap elastis dan sehat.

Namun, banyak kesalahan yang dilakukan saat mengaplikasikan sunscreen tanpa disadari. Untuk itu, perhatikan enam hal tersebut.
1. Melewatkan Penggunaan Sunscreen Saat Mendung

Jika Anda berpikir saat mendung matahari tidak dapat menembus kulit, Anda salah. Meskipun tidak merasakan teriknya matahari saat mendung, bukan berarti matahari tidak mengintai Anda.

Saat mendung, hanya sinar UVB yang terhalang, tetap, sinar UVA tetap terpapar dan dapat membuat proses penuaan pada kulit Anda semakin cepat. Tetap gunakan sunscreen dalam berbagai kondisi adalah hal preventif yang harus dilakukan.

2. Tidak Mengoleskan Ulang Sunscreen

Sunscreen yang dipakai sejak pagi tidak akan bertahan sepanjang hari. Produk penghalau UV ini perlu dioleskan ulang setiap dua jam sekali saat Anda berada di luar ruangan, terlebih saat berenang atau melakukan aktivitas yang berkeringat. Pastikan sunscreen yang Anda oleskan cukup untuk melindungi seluruh kulit Anda.

3. Merasa SPF di Make Up Sudah Cukup

Tak sedikit make up seperti foundation atau bedak yang mengandung SPF. Hal ini terkadang membuat Anda berpikir bahwa Anda sudah terlindungi. Padahal, jumlah SPF yang terkandung dalam make up tidak sebanyak itu.

Sebaiknya, Anda tetap menggunakan sunscreen sebelum menggunakan make up agar perlindungan yang didapatkan maksimal. Biarkan sunscreen meresap selama 10 menit terlebih dahulu, baru kemudian Anda dapat memoles wajah Anda dengan make up.

4. Hanya Memakai Sunscreen di Wajah

Anda mungkin berpikir bahwa bagian tubuh selain wajah sudah terlindungi dengan pakaian dan sepatu. Jadi, Anda hanya memperhatikan bagian wajah saja. Padahal, pengaruh buruk dari UV mengintai seluruh bagian kulit Anda. Maka itu, gunakan sunscreen di bagian leher, dada hingga bagian belakang telinga agar Anda terproteksi dengan sempurna.

5. Hanya Memakai Sunscreen Saat Kulit Terbakar

Jika Anda memiliki tipe kulit yang tidak pernah terbakar dan berpikir bahwa Anda tidak perlu sunscreen, sebaiknya Anda secepat mungkin membelinya. Kerusakan kulit tidak hanya terjadi ketika kulit terbakar. Banyak kerusakan tidak terlihat yang terjadi pada kulit Anda.

Anda tentunya tidak menyadari proses penuaan yang disebabkan oleh UVA secara instan, tapi nantinya dampak dari sengatan ini akan terasa lebih cepat. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan sunscreen agar kulit Anda tetap terjaga meski tidak terbakar. (liputan6)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.