Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Apakah mata minus bisa kembali normal? Pertanyaan-pertanyaan itu mungkin sering ditanyakan oleh mereka yang menderita mata minus, rabun jauh atau istilah medisnya adalah Miopia.

Mata minus atau miopia adalah kondisi saat mata tidak bisa melihat benda dari jarak jauh dengan jelas. Mata minus atau miopi terjadi ketika bayangan jatuh di depan retina. Miopi juga terjadi akibat kornea (lapisan terluar mata) yang terlalu melengkuk karena panjang bola mata atau lensanya terlalu tebal.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Biasanya mata minus terjadi jika kita sering berkerja atau melihat sesuatu dengan jarak dekat terlalu lama. Ketika ini terjadi otot di mata kita yang mengatur fokus mata akan terbiasa dengan kondisi seperti ini. Menggunakan kacamata untuk mengoreksi mata minus akan memaksa otot mata untuk terbiasa dengan kondisi yang tidak normal, ini dapat membuat mata minus semakin parah ketika Anda tetap melalukan pekerjaan rutin secara dekat.

Lalu bagaimana cara mengurangi mata minus atau mengobati mata minus? Sebelum dijelaskan lebih lanjut, sebaiknya Anda perlu tahu beberapa penyebab utama mengapa kemampuan penglihatan kita bisa menurun.

Penyebab Mata Minus

1.Pola makan yang buruk
Kebiasaan makan makanan yang tidak mengandung vitamin A dapat mempercepat kerusakan pada mata Anda.

2.Faktor genetis atau keturunan
Sebagian besar penyakit mata minus ini disebabkan oleh keturunan dari orang tua, akan tetapi tidaklah tidak mungkin untuk menyembuhkan mata Anda.

3.Kebiasaan buruk
Penyebab inilah yang membuat mata normal kita menjadi minus, contohnya: kebiasaan membaca sambil tiduran, membaca ditempat yang cahayanya kurang (remang), melihat media visual seperti televisi, komputer, gadget dalam waktu yang lama dan jarak yang dekat.

Cara mengurangi mata minus

1. Lepas kacamata ketika tidak diperlukan

Saat menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata, dan hal ini bisa menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memkamung ke arah lainnya. Nah, cara mengurangi mata minus secara alami lainnya adalah dengan melepas kacamata ketika tidak diperlukan. Selain itu, dengan melepas kacamata, juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.

2. Menggunakan lilin

Cara mengurangi mata minus secara alami dengan lilin ini merupakan salah satu solusi yang paling banyak dipakai oleh kebanyakan orang. Sebagian besar berpendapat ini merupakan cara yang ampuh untuk menyembuhkan mata minus dengan cepat.

Cara mengurangi mata minus secara alami dengan lilin harus dilakukan dengan tepat agar hasilnya maksimal.

3.Menjemur mata pagi hari

Menjemur mata pagi hari merupakan salah satu cara mengurangi mata minus secara alami. Caranya dengan menutup kedua mata dan arahkan pkamungan ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga dapat tercukupi.

4. Senam mata

Cara mengurangi mata minus secara alami selanjutnya adalah dengan senam mata. Senam mata bisa dilakukan dengan menggoyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berfungsi untuk membersihkan dan melumasi biji mata.

5.Memfokuskan penglihatan menggunakan telunjuk

Memfokuskan penglihatan menggunakan telunjuk merupakan salah satu cara mengurangi mata minus secara alami. Kamu bisa melakukan latihan ini dalam posisi duduk yang nyaman, dan tempatkan telunjuk kamu 10 cm dari hidung. Fokuskan pkamungan kamu ke arah telunjuk kemudian alihkan fokus kamu ke objek jauh yang berada di belakang telunjuk, kemudian kembalikan fokus kamu ke telunjuk. Lakukan ini dengan melirik namun tanpa menggeserkan kepala. Ulangi proses ini hingga 10 kali setiap hari.

6.Rutin mengonsumsi wortel

Cara mengurangi mata minus secara alami selanjutnya adalah dengan wortel. Sebagaimana diketahui wortel mengandung beta-karoten yang diperlukan oleh tubuh dalam memproduksi vitamin A. Vitamin A sendiri sangat baik untuk kesehatan mata.

Dengan mengonsumsi wortel kamu akan dapat menjaga dan memelihara mata. Jika dikonsumsi secara rutin akan mengurangi minus pada mata. Fakta medis mengatakan bahwa minum dua gelas jus wortel dalam satu hari selama satu bulan dapat meningkatkan penglihatan penderita mata minus secara signifikan.

7. Mengonsumsi jus lidah buaya

Cara mengurangi mata minus secara alami yang pertama adalah dengan lidah buaya. kamu bisa mengonsumsi jus lidah buaya selama 1 minggu penuh. Rutin mengonsumsi jus lidah buaya dipercaya dapat mengurangi minus. Hal ini disebabkan oleh kandungan gizi yang dimiliki oleh jus lidah buaya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan herbal lainnya seperti kenari, lemon dan madu.

8.Mengonsumsi jus buah bit

Buah bit disebut-sebut sebagai cara mengurangi mata minus secara alami. Cara mengurangi mata minus secara alami dengan buah it adalah minumlah secara rutin selama satu minggu. Jika perlu, campurkan dengan jus belimbing atau wortel untuk khasiat yang lebih manjur.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengobati mata minus secara alami, Selamat Mencoba!

Iklan Bawah Artikel

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.