Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Penahkah kamu mengalami kejadian handphone yang ada digenggamanmu tiba-tiba terjatuh dan kemasukan air? atau mungkin terkena air hujan?

Meski sekarang sudah mulai banyak produsen smartphone yang memproduksi smartphone dengan IP68 atau kemampuan tahan air, tapi masih banyak smartphone yang tidak dibekali dengan kemampuan seperti itu. Karenanya, air merupakan musuh utama bagi pemilik smartphone.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Berikut ini kami akan informasikan tips-tips jika HP kamu kemasukan air.

1. Jangan tekan sembarang tombol

Kalau HP kamu terkena air atau basah, ketika dinyalakan jangan langsung pencet-pencet tombolnya. Kami paham bahwa mungkin kamu ingin memastikan bahwa smartphone kamu baik-baik saja.

Tapi, yang ada kamu malah akan merusak. Pasalnya bisa saja air itu malah semakin masuk jika tombol-tombol tersebut dipencet.

2. Jangan dijemur matahari langsung

hal ini dinilai bisa membuat rusak komponen yang ada di dalamnya.

3. Jangan digoyang-goyangkan

HP terkena air atau tercebur pastinya basah. Ambil smartphone-mu, tapi jangan digoyang-goyangkan. Kami mengerti mungkin maksud kamu ingin agar air-air yang ada di smartphone kamu hilang.

Tapi, cukup lap saja dengan kain kering atau handuk.

4. Jangan langsung dinyalakan

Memang rasa panik pasti ada jika handphone kamu tercebur atau terkena air hujan , karena ketika HP kamu terkena air atau hingga terendam air, biasanya air-air itu akan langsung menyebar dan terserap ke semua komponen.

Kalau kamu langsung menyalakannya, nantinya akan rentan terjadi korsleting.

5. Selamatkan LCD dan baterai

Salah satu langkah yang tak kalah penting ketika HP terkena air adalah memastikan bahwa LCD-nya kering terlebih dahulu. Kamu wajib bersihkan bagian LCD-nya terlebih dulu. Bagian ini biasanya rentan rusak setelah terkena air. Hal ini karena LCD berisi filamen lunak dan tidak tahan pada kelembaban air. Kalau dibiarkan basah terlalu lama, bisa muncul flek hitam pada layar LCD HP. Selain LCD, selamatkan juga baterai.

Hal ini mungkin berlaku pada HP dengan baterai yang bisa dilepas. Kalau tidak, kamu mungkini bisa mengeringkannya dengan kipas. Ingat, jangan mengeringkan dengan hair dryer terlalu lama dan panas. Karena bisa merusak komponen di dalamnya.

6. Tunggu satu sampai dua hari

Tadi di poin ke empat sudah disebutkan jika HP kamu terkena air atau tercebur, kamu jangan langsung menyalakannya. Kami tahu bahwa mungkin kamu ingin langsung menggunakannya, entah mungkin kamu ada keperluan dengan seseorang.
Tapi, yang pasti smartphone tersebut harus didiamkan dulu satu sampai dua hari dulu. Pastikan dulu aman dan kering ya.

7. Jangan dikeringkan dengan hair dryer

Ada banyak cara untuk mengeringkan smartphone. Tapi, banyak juga yang salah caranya. Tadi sudah disebutkan jika kamu jangan langsung menjemur di bawah terik matahari. Nah, terus bagaimana dong? Kalau pakai hair dryer boleh?

Jawabannya jangan! Mengeringkan smartphone dengan menggunakan hair dryer dapat meningkatkan risiko kerusakan komponen penting smartphone. Pasalnya, panas yang dihasilkan hair dryer dapat membuat komponen listrik di dalam smartphone jadi cepat naik suhunya.

8. Rendam di beras

Salah satu cara yang katanya paling ampuh adalah dengan merendam di beras. Dengan direndam beras, maka akan terjadi panas yang bisa langsung mengeringkan ponsel tersebut.

Nah, itulah cara-cara yang harus dilakukan ketika HP kemasukan air.

Iklan Bawah Artikel

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.