Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Jakarta – Dalam rangka penilaian indikator kinerja Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK) Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) diwilayah Jakarta Timur Bulan Juli Tahun 2019, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Timur bersama dengan Tim Penilai Indikator Kinerja Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan FKTP yang terdiri dari Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur dan Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya, mengadakan kegiatan pertemuan bulanan bertempat diruang rapat Kantor Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur pada Selasa (16/7).

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini ialah untuk meningkatkan pemahaman, partisipasi serta kesepakatan instansi terkait terhadap implementasi kapitasi berbasis komitmen pelayanan di FKTP Jakarta Timur serta meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh FKTP kepada peserta JKN-KIS,” ujar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur, Erika Verayanti Lumban Gaol.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Finan Setianto mengatakan bahwa capaian konsekuensi KBK pada triwulan ke-2 Tahun 2019 ini sangat bagus, baik Puskesmas, Klinik Pratama TNI/POLRI maupun swasta yang melaksanakan KBK, paling tinggi capaiannya 100% dan paling rendah capaiannya 92,5%, hal ini tidak lain untuk memenuhi kepuasan peserta JKN-KIS.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

“Terdapat beberapa faktor pendukung dari pelaksanaan KBK ini diantara lain yaitu pengisian pada aplikasi P-Care 100% dengan real time, rasio dokter berbanding dengan peserta ideal, FKTP meningkatkan angka kontak sehat untuk mencapai target angka kontak indikator KBK dan FKTP melakukan pengentrian TACC dengan benar saat melakukan rujukan atas indikasi medis untuk diagnosa yang termasuk dalam diagnosa non spesialistik,” tambah Finan.

Erika berharap dengan diadakannya pertemuan KBK ini secara rutin setiap bulannya dapat mendorong kinerja FKTP yang bekerjasama untuk dapat berlomba-lomba dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatannya sehingga kepuasan peserta JKN-KIS pun turut meningkat. Pertemuan ini rutin dilakukan setiap bulannya dengan peserta yaitu 10 Puskesmas, 12 Klinik Swasta, 3 Klinik TNI/POLRI, 5 Tim Sudinkes, 1 TKMKB, 1 perwakilan IDI, 1 perwakilan PKFI dan 6 Tim Penilai KBK BPJS Kesehatan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.