Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Jakarta Timur – BPJS Kesehatan terus berinovasi dalam berbagai hal untuk menunjang peningkatan kepuasan peserta JKN-KIS. Sudah tidak asing lagi ditelinga kita tentang aplikasi Mobile JKN yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia baik untuk mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS maupun mengakses pelayanan kepesertaan sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang.

Selain berinovasi dalam memudahkan peserta JKN-KIS, kini BPJS Kesehatan tengah mengembangkan sistem yang memudahkan mitranya khususnya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yaitu dengan uji coba E-Claim Primer pada FKTP.

Salah satu upaya agar sistem tersebut berjalan dengan baik, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur melaksanakan Sosialisasi Implementasi E-Claim Primer Tahun 2019 Tahap II (Digitalisasi Penyampaian Klaim Non Kapitasi) yang diikuti oleh 5 Puskesmas kecamatan, 5 klinik pratama dan 4 bidan jejaring yang bekerjasama sebagai Pilot Project bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur pada Jumat (09/08).

Advertise!Iklan Dalam Artikel

“Digitalisasi Klaim Non Kapitasi atau yang lebih sering disebut E-Claim Primer merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan peserta JKN-KIS secara digital,” kata Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur, Erika Verayanti Lumban Gaol.
Erika menambahkan bahwa latar belakangnya dibangun sistem E-Claim Primer adalah supaya menjaga ketertiban FKTP untuk menagihkan klaim non kapitasi secara periodik dan lengkap setiap bulan terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan pada bulan sebelumnya serta menanggulangi adanya keluhan berkas pengajuan klaim yang terlalu banyak dari FKTP.

”Kami sebagai FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur sangat bangga dang mengapresiasi dipilih sebagai Pilot Project, hal ini memicu kami untuk dapat terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada peserta JKN-KIS,” ujar Rita Anggraeni, perwakilan dari Klinik Tama Bahagia.

Rita mengatakan bahwa sistem E-Claim Primer ini memiliki manfaat bagi dirinya selaku penyelenggara pelayanan kesehatan di FKTP, administrasi berkas klaim non kapitasi menjadi lebih simple dan memudahkan FKTP untuk memantau kesehatan peserta terdaftar sehingga program promotif dan preventif pun berjalan dengan baik.

Iklan Bawah Artikel


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.