Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.c.id – Pesawar maskapai Air Canada Rouge dengan nomor penerbangan 1556 terpaksa mendarat darurat akibat bau menyengat di kabin. Saat itu pesawat baru lepas landas dari bandara Montreal menuju Vancouver.

Di ketinggian 7.000 kaki atau sekitar 2,4 kilometer, kru mencium bau menyengat yang juga dikeluhkan oleh penumpang. Setelah itu pilot meminta izin untuk menaikkan pesawat ke posisi 25.000 kaki agar para kru bisa menyelidiki sumber bau, namun tak juga ditemukan.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Pilot pesawat Boeing 767-300ER lalu memutuskan memutar balik ke Montreal untuk mendarat darurat. Sebelumnya pilot menurunkan masker oksigen untuk mengurangi dampak bau yang menyengat, seperti dikutip dari Flight Global, Selasa (8/10/2019).

Setelah mendarat, petugas menyisir bagian kargo dan menemukan sumber bau di kompartemen depan. Ternyata penyebabnya adalah kargo berisi durian yang hendak dikirim ke Vancouver.

Peristiwa ini terjadi pada 17 September dalam penerbangan yang mengangkut 245 penumpang dan delapan kru. Dilaporkan tak ada korban dalam insiden ini.

Durian merupakan buah khas asal Asia Tenggara. Peristiwa yang mirip pernah terjadi pada penerbangan Sriwijaya Air dari Bengkulu menuju Jakarta pada 5 November 2018, bedanya bau sudah tercium sebelum pesawat lepas landas.

Pesawat dengan nomor penerbangan SJ 091 mengalami delay karena bau durian menyengat. Penyebabnya ada 3 ton durian yang diangkut di bagasi.

Peristiwa ini menjadi viral setelah diungkap oleh seorang penumpang di akun Facebook. Penumpang mencium bau duren menyengat hampir 1 jam.

Penumpang yang tak tahan langsung turun. Petugas pun menurunkan seluruh durian dan penumpang bisa melanjutkan penerbangan meskipun delay selama sekitar 2 jam. (iNews)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.