Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Sebagian besar aktivitas perkantoran di kota besar, dimulai pagi hari. Para pekerja otomatis harus bangun awal, agar dapat tiba tepat waktu.

Namun, terkadang kondisi lalu lintas yang macet membuat hal itu tidak bisa dicapai. Ditambah lagi, jika bangun terlambat akibat terlalu lelap.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Jika sudah begitu, umumnya pengguna sepeda motor akan buru-buru memacu kendaraan ke tempat kerja. Tak jarang, mereka tidak sempat meluangkan waktu untuk memanaskan mesin.

Sejatinya, ritual memanaskan mesin sepeda motor tidak membutuhkan waktu lama.

Dikutip dari 100kpj, Saat mesin pertama kali dihidupkan di pagi hari, usahakan tidak langsung membuka tuas gas. Tunggu beberapa saat, antara satu sampai dua menit.

Apabila hal itu tidak memungkinkan, maka pengendara dapat langsung menjalankan motor tersebut. Namun, perlu diingat untuk tidak memacunya dengan kencang. Gunakan kecepatan rendah.

Hal ini berfungsi sama dengan memanaskan mesin, yang bertujuan agar oli bersirkulasi ke seluruh bagian mesin dengan sempurna. Pelumasan sangat penting, agar komponen mesin dapat bergerak lancar tanpa hambatan.

Penggunaan starter elektrik juga tidak diharamkan, saat memanaskan mesin di pagi hari. Arus listrik yang digunakan, akan diisi kembali oleh alternator pada saat mesin dalam kondisi menyala. (kwo)

Iklan Bawah Artikel

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.