Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Jinten tak hanya berfungsi sebagai penyedap makanan Masih banyak orang yang belum tahu manfaat kesehatan dari berbagai bumbu dapur dan rempah-rempah. Khasiat jahe, kunyit, atau kayu manis,jinten mungkin sudah cukup dikenal. Meskipun memiliki rasa yang sedikit pahit, jinten menjadi obat alami yang banyak digemari karena manfaat jinten sangat banyak. Lalu, tahukah Anda tentang manfaat jinten bagi kesehatan tubuh?

Rempah-rempah yang berbentuk kecil ini ternyata sangat baik buat pencernaan lho, sehingga membantu menurunkan berat badan. Berikut manfaat dari jinten.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

1.Mengandung zat besi

Buat para penderita anemia, jinten adalah salah satu cara untuk mengatasinya. Zat besi pada jinten akan membantu produksi sel-sel darah merah sehingga kembali ke level normal.

2.Mengontrol gula darah

Dalam penelitian baru-baru ini disebutkan menambahkan jinten pada makanan bisa membantu penderita diabetes mengontrol gula darah.

3.Membantu pencernaan

Ada banyak bumbu dapur yang baik buat pencernaan, termasuk jinten.Jinten mampu merangsang liver untuk mengeluarkan lebih banyak cairan empedu, sehingga tubuh lebih mudah mencerna protein dan lemak.

4.Mengandung magnesium

Tubuh manusia bisa memproduksi beberapa mineral, tapi tak bisa memproduksi magnesium. Padahal, magnesium sangat baik buat kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah. Jinten mengandung magnesium dalam jumlah cukup signifikan.

5.Mengobati asma dan bronkitis

Jinten mengandung kafein (agen perangsang) dan mengandung banyak minyak esensial aromatik (disinfektan), kombinasi ini sebgai anti-kongestif yang ideal bagi mereka yang menderita gangguan pernapasan seperti asma dan bronkitis.

Bertindak sebagai ekspektoran, yang berarti melonggarkan akumulasi dahak dan lendir di saluran pernapasan, dan membuatnya lebih mudah untuk menghilangkannya dari sistem melalui bersin atau batuk dan meludah. Menghilangkan sebanyak mungkin lendir dan dahak, manfaat jinten dapat menghambat pembentukan bahan tambahan dan membantu menyembuhkan kondisi awal yang menyebabkan pembentukannya di tempat pertama.

6.Perawatan kulit

Manfaat jinten dapat membantu melindungi kulit dari infeksi jamur dan mikroba karena sifat disinfektan dan antijamurnya. Ini juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, bintik-bintik penuaan, dan kulit kendur. Efek ini disebabkan oleh kehadiran vitamin E yang bertindak sebagai antioksidan dan memerangi radikal bebas.

7.Obati insomnia

Jinten adalah stimulan sekaligus untuk menenangkan pada saat yang bersamaan. Beberapa komponen minyak esensial jinten bersifat hipnotik dan memiliki efek penenang, yang juga membantu menghilangkan stres dan kecemasan yang umumnya menyebabkan insomnia.

8.Kesehatan tulang

Kandungan kalsium dalam jinten membantu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga menunda timbulnya osteoporosis.

9.Mengobati bisul

Penggunaan jinten secara teratur dalam makanan juga membantu mencegah bisul, ruam, jerawat, dan tanda-tanda lain dari kandungan beracun yang berlebihan. Komponen seperti cuminaldehyde, thymol, dan fosfor adalah agen detoksifikasi yang baik yang membantu dalam membuang racun secara teratur dari tubuh. Cara sehat untuk mengeluarkan racun adalah melalui sistem ekskresi, bukan melalui bisul.

10.Menurunkan berat
Manfaat jinten sama dengan pil diet yang populer untuk menurunkan berat badan dan mengurangi lemak dalam tubuh. Jika bingung mencari cara menurunkan berat badan, Anda bisa menggunakan bubuk jinten pada menu makan. Tapi ingat! jangan berlebihan ya.

Demikian informasi mengenai manfaat jinten, semoga membantu anda dan selamat mencoba!

Iklan Bawah Artikel

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.