Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, dunia telah berubah dari era analog ke era digital. Teknologi digital menerobos batasan jarak dan waktu. Jokowi bersyukur Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur telah selesai.

“Apa yang ingin saya sampaikan? Dunia telah berubah dari era analog ke era digital. Komunikasi pengiriman informasi bisa dilakukan sangat cepat tanpa mengenal jarak dan waktu. Teknologi digital, sangat memudahkan pekerjaan manusia,” kata Jokowi.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019).

“Data dan informasi bisa dikumpulkan melalui perangkat digital. Semuanya bisa mengumpulkan data tanpa pemakainya menyadari bahwa dia sedang menyumbang data-data. Manfaatnya bermacam-macam. Riset, perilaku manusia bisa diambil dari sini,” jelas Jokowi.

Menurut Jokowi, perilaku sosial masyarakat dapat dengan mudah diketahui. Demikian halnya perilaku satu kabupaten, kota, provinsi, dan negara. Riset pasar pun dengan gampangnya dicari tahu berkat teknologi digital.

“Orang Papua senangnya apa tahu, orang Maluku senangnya apa tahu, Kalimantan, Jawa tahu senangnya apa, sehingga gampang apa yang harus dijual, selera konsumen kelihatan,” ucap Jokowi.

Meski begitu, Jokowi mengingatkan agar kemajuan teknologi digital perlu dicermati. Jokowi tidak menginginkan negara lain mengetahui data-data Indonesia. Sebab pada akhirnya negara lain dapat menggempur Indonesia melalui produk-produk dagang. (beritasatu)

Iklan Bawah Artikel


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.