Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Sesuai dengan harapan, sekuel film Spider-Man: Far From Home berhasil mengulang kesuksesan. Film ini berhasil mengantongi US$185 juta (Rp 2,6 triliun) untuk enam hari perilisan di 4.634 bioskop kawasan Amerika Utara.

Tidak hanya mampu memanjat box office, pencapaian ini membuat Far From Home menjadi film buatan Sony dengan pemasukan terbesar yang dirilis pada hari Selasa dan secara keseluruhan menjadi film ke-22 sepanjang sejarah yang mencatat pemasukan terbanyak hanya dalam enam hari.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Namun, dari kategori film yang dirilis untuk meramaikan suasana hari kemerdekaan AS, Far from Home adalah film dengan pemasukan terbesar dalam enam hari pemutaran awal. Uniknya, pemegang rekor terdahulu adalah Spider-Man 2 (2004) yang mencatat US$180 juta dalam enam hari.

Keputusan Sony memajukan tanggal rilis dari tanggal 5 Juli menjadi 2 Juli dinilai sebagai keputusan yang tepat untuk meraup keuntungan pada hari libur kemerdekaan Amerika.

Spider-Man: Far From Home juga disambut baik di Amerika Utara. Bagaimana tidak? Pendapatan film ini melampaui rekor salah satu film terkuat tahun ini, Avengers: Endgame. Pada penayangan hari pertama di bioskop, Endgame mengumpulkan US$ 25,3 juta sedangkan Spider-Man: Far From Home capai US$ 27 juta (Rp 380,8 miliar).

Sedangkan di kawasan internasional, film ini langsung meraup US$ 395 juta (Rp 5,5 miliar), sehingga secara keseluruhan di dunia sudah mendapatkan US$ 580 juta (Rp 8,1 triliun). Angka ini jauh di atas biaya produksi sebesar US$160 juta (Rp 2,2 triliun).

Faktor terbesar di balik larisnya film yang dibintangi Tom Holland sebagai Spider-Man ini adalah tanggapan positif para kritikus. Situs CinemaScore memberi nilai A seperti film pendahulunya, Spider-Man: Homecoming (2017). Bahkan para penonton di bawah 35 tahun yang dijaring CinemaScore memberi nilai A+ untuk Far from Home.

Sedangkan dalam situs Rotten Tomatoes, film ini mendapat 91 persen ulasan positif dengan rata-rata nilai 7,4/10 dari 314 kritikus. “Campuran percintaan romantis remaja dan aksi pahlawan super yang tak terduga, Spider-Man: Far from Home dengan penuh gaya menata panggung untuk era MCU berikutnya,” terterang kesimpulan ulasan dalam situs tersebut.

Sedangkan di peringkat kedua, Toy Story 4 harus rela bergeser satu tingkat dari minggu sebelumnya. Di pekan ketiga pemutarannya, film animasi terbaru dari Disney tersebut tercatat meraup US$ 34,3 juta (sekitar Rp 489 miliar). Sedangkan untuk total pendapatan di kawasan domestik, US$ 306,5 juta (Rp 4,3 triliun), dan internasional US$ 343,4 juta (Rp 4,8 triliun).

Hasil ini tentunya dinilai tak mengejutkan, apalagi mengingat bahwa Toy Story 4 menjadi salah satu film animasi yang paling dinantikan penggemar. Terlebih, film ini kembali membawa petualangan seru dari tiga seri sebelumnya yang selalu berhasil menuai sukses besar.

Kemudian di peringkat tiga, tersandar proyek terbaru dari Universal Pictures bertajuk, Yesterday. Film yang dibintangi oleh Lily James, Kate McKinnon, James Corden, hingga Ed Sheeran ini mengumpulkan US$ 10,7 juta (Rp 152 miliar).

Beralih ke posisi yang ditempati si boneka hantu, Annabelle Comes Home. Setelah dua pekan tayang, film garapan Gary Dauberman, harus rela merosot ke peringkat empat dan hanya mampu menghasilkan US$ 9,7 juta (Rp 138 miliar). Hasil ini tentunya sangat mengecewakan, mengingat seri Annabelle sebelumnya selalu meraih hasil memuaskan.

Sedangkan proyek live-action anyar dari Disney, Aladdin, ternyata masih mempertahankan posisinya di lima besar box office meski telah ditayangkan selama tujuh pekan. Minggu ini, film yang dibintangi oleh Naomi Scott dan Mena Massoud tersebut duduk di posisi empat dan mendapatkan US$ 7,6 juta (Rp 108 miliar).

Berikut 10 peringkat film box office:

1. Spider-Man: Far from Home – US$93,6 juta AS

2. Toy Story 4 – US$34,3 juta

3. Yesterday – US$10,7 juta

4. Annabelle Comes Home – US$9,7 juta

5. Aladdin – US$7,6 juta

6. Midsommar – US$6,5 juta

7. The Secret Life of Pets 2 – US$4,7 juta

8. Man in Black: International – US$3,6 juta

9. Avengers: Endgame – US$3,1 juta

10. Rocketman – US$2,7 juta

Sumber: Box Office

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.