Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id, Jakarta – Kasus Mafia Tanah (Pencurian dan atau Penipuan dan atau Pemalsuan Surat dan atau Menyuruh Menempatkan Keterangan Palsu Ke Dalam Akta Authentik) diungkap Subdit 2 Harda Dit Reskrimum Polda Metro Jaya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono mengungkapan, Berdasarkan laporan polisi tanggal 14 Desember 2018 dengan waktu kejadian pada bulan Oktober 2018 dengan tempat kejadian di Jl. lskandarsyah Raya No. 97, Kel. Melawai Kec. Kebayoran Baru. Jakarta Selatan.Konferensi Pers Jamus (22/8/2019).

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Korban/ pelapor adalah Bobby Suhardiman SH. dengan Kerugian sebesar Rp.64.5 Milyar.

Tersangka yang diamankan adalah SD berperan selaku calon pembeli dan orang yang menjaminkan SHM milik korban (tahun 2008 Tsk pernah terlibat dalam TPPU dan telah Vonis 9 Tahun), Drs. S berperan sebagai PPAT, MGR berperan sebagai Staf PPAT, HM berperan Pembuat Sertifikat Palsu (tahun 2018 Tsk pemah terlibat dalam Tindak Pidana Pemalsuan Surat dan telah divonis 2 Tahun), K berperan sebagai Calo pembuat Sertifikat Palsu antara Tsk 1 dan Tsk 5,

Barang bukti yang diamankan adalah:

a. SHM No. 464/melawai atas nama Prof. SuhardimanSE (palsu).

b. SHM IL No. 464 / melawai atas nama Scott Donovan David Limaran (asli).

c. Asli salinan AJB Nomor 118/2018 tanggal 2 Nopember 2018 PPAT Drs. Soebiantoro SH.

d. 1 Laptop Hitam Merk Toshiba.

e. 1Tablet ipad Mini.

f. 4 Handphone.

g. 1 Kartu ATM BCA

h. 1 bundle aplikasi setoran Bank Mandiri.

i. 2 buku surat setoran pajak daerah BPHTB permohonan fasilitas kredit modal kerja tanggai 14 Nopember 2018 ditandatangani Scot Donovan David L

j. Fotokopi surat PT. Karya Technik MultifInance No. OOQ/S-LGL/KTM/STS/Xi/2018, tanggai 16 November 2018, ditandatangani Vonny Madya dan SD, selaku owner.

k. Fotokopi survey report resume, Bp. Scot Donovan David Limaran, Jl. Iskandarsyah Raya No. 97, f.t. 05/05, Kec. Kebayoran Baru, Kei. Melawai, JakSel. tanggai 16 November 2018;

l. Foto survey Jl. lskandarsyah Raya No. 97, RT.05/05, Kec. Keb. Baru, Kel. Melawai JakSel. tgl16 November 2018 (teriihat foto SD, Nita-Sekretaris Esc, dan Candra A)

m. Asli surat peringatan pengembalian SHM No. 464 dan AHB No. 118/2018 tanggai 4 Januari 2018 ditandantangani Heriawan terdapat cap Received 7 Januari 2019 marketing.

n. FotokopI surat persetujuan dan kuasa pengambilan Sertifikat tanggal 26 Desember 2018 dItandatangani Scot DDL (selaku pemberi kuasa) dan Heriawan (selaku penerima kuasa)

Modus operandi yang dilakukan adalah Tersangka menawar rumah yang hendak dijual oleh pemilik kemudian membujuk pemilik untuk menitipkan Sertifikat Asli beserta dengan identitas pemilik (KTP, KK, IMB, dsb) di Notaris (Notaris Fiktif) yang ditunjuk oieh kelompok tersangka dengan alasan untuk dilakukan pengecekan ke BPN, kemudian seluruh data pemilik dipalsukan dan dibuat seolah olah juai beii antara pemiiik (figur) dengan salah satu tsk sehingga korban kehiiangan hak atas properti miIiknya, selanjutnya SHM dibalik nama atas nama tsk dan diagunkan di Koperasi dan atau Perusahaan Brighing.

Kronologis kejadiannya adalah Peiapor/korban berniat menjual rumah yang beralamat di Jl. lskandarsyah Raya No. 97, JakSel, dasar SHM Nomor 464/Melawai, a.n. Prof. Suhardiman selanjutnya disepakati akan dibeli Scot dengan harga Rp.64,5 miliar. selanjutnya tanggal 22 Oktober 2018 bertempat di Kantor Notaris Budi Aryanto SH Cilandak, Jakarta Selatan, korban bersama dengan saudarasaudaranya bertemu dengan Scot dan menandatangani PPBJ (dilegaiisasi Notaris Budi Aryanto, SH) selanjutnya tanpa diketahui oleh korban diduga pada saat penandatanganan tersebut sertifikat asli. Llb ditukar tanpa sepengetahuan korban, selanjutnya sertifikat telah berubah menjadi a.n. Scot dan terbit AJB N.118l2018, tgl 2 Nopember 2018 sedangkan korban belum pemah menghadap PPAT Soebiantoro dan Sertifikat yang sudah menjadi atas nama Scot tersebut sudah akan dijadikan Agunan di PT. Karya Tehnik Multifinance a.n. Pemohon Scot D.

Pasal yang disangkakan para tersangka adalah Pasal 362 KUHP dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling Lama 4 tahun.(Guffe)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.