Otoritasnews.co.id – Sejumlah daerah di Jawa Tengah (Jateng) diperkirakan akan mengalami hujan deras disertai angin kencang pada Selasa (12/2/2019) sore hingga malam hari. Warga diminta mewaspadai potensi bencana seperti banjir, longsor, dan pohon tumbang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang memperkirakan, sebagian besar daerah di Jateng akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada sore hingga awal malam hari.

“Potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada sore hari di daerah sisi utara pegunungan,” kata Forcaster BMKG, Arif Nurhidayat, dalam siaran persnya kepada wartawan di Kota Semarang, Jateng.

Dia juga menekankan agar masyarakat mewaspadai bencana banjir, tanah longsor dan pohon tumbang saat hujan melanda daerah-daerah tersebut. Terlebih, kawasan yang masuk area rawan bencana.

“Waspada banjir tanah longsor dan pohon tumbang,” ujar dia.

Cuaca di Kota Semarang, kata Arif, pada umumnya berawan. Daerah pesisir berpotensi terjadi hujan ringan. Pada siang atau sore sampai menjelang awal malam, terjadi hujan ringan hingga sedang tersebar merata mulai dari wilayah Semarang bagian atas.

“Angin bertiup dari arah selatan-barat laut dengan kecepatan 10 sampai 25 kilometer per jam, suhu udara berkisar 26 sampai 31 derajat celsius, dan kelembapan udara berkisar 65 sampai 90 persen,” kata Arif.

Sementara, tinggi gelombang di Laut Jawa mencapai 0,2 sampai 0,75 meter. Sedangkan tinggi gelombang di perairan Selatan Jawa Tengah 1 sampai 2 meter. (iNews)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.