Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Kita ketahui bersama bahwa sayuran adalah makanan wajib yang harus disantap jika ingin hidup sehat. Terang saja, pasalnya manfaat sayur-sayuran termasuk makanan yang berada dalam daftar makanan 4 sehat 5 sempurna. Diantara beragam macam sayuran yang dikenal, ada salah satu sayuran yang harganya murah di pasaran, namun tetap memiliki banyak manfaat yang tak kalah banyaknya dengan sayuran lain. Bagian buahnya yaitu manfaat pisang, sudah menjadi buah wajib untuk dikonsumsi. Itulah jantung pisang yang kerap kali disajikan oleh sebagian besar ibu rumah tangga dalam menu makanan sehat.

Kandungan Jantung Pisang

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Menurut penelitian, jantung pisang memiliki kandungan Vitamin A, B, C, E, serat, niasin, asam pantotenat dan tiamin. Tak hanya itu, bakal pisang ini juga mengandung kalsium, magnesium, fospor, tembaga, besi, mangan, kalium, proteins, zinc (seng), karbohidrat. Karena kandungan ini, bermanfaat untuk tubuh sebagai antibakteri, antimikroba, antivirus, anti-kanker, antioksidan dan anti inflamasi, termasuk bisa menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Berikut manfaat dari jantung pisang untuk tubuh selengkapnya.

1.Menormalkan perdarahan menstruasi
Menstruasi yang tidak normal bisa membuat wanita banyak mengeluarkan darah dari rahimnya. Untuk mengatasi perdarahan yang cukup masif, Anda disarankan untuk mengonsumsi jantung pisang dan yoghurt. Dua bahan ini akan membuat darah yang keluar jadi sedikit dan mengembalikan kebugaran tubuh pasca kehilangan banyak darah.

2.Mengatasi Anemia
Mengonsumsi jantung pisang dalam bentuk apa pun akan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Dampaknya, Anda tidak akan mudah lemas dan anemia bisa diatasi dengan cepat. Efek dari jantung pisang ini bisa diperbesar jika Anda mengonsumsi suplemen penambah darah.

3.Meningkatkan air susu ibu
Ibu yang baru saja melahirkan bisa mengonsumsi jantung pisang untuk meningkatkan produksi air susunya. Selain itu, jantung pisang yang dicampur dengan rempah juga bisa digunakan untuk mengaja kesehatan rahim dan mengetasi sembelit yang sering muncul pasca melahirkan.

4.Menyembuhkan infeksi
Jantung pisang bisa mengobati infeksi pada tubuh karena mengandung etanol. Mengonsumsi jantung pisang bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan membuat infeksi semakin melebar. Jantung pisang juga bisa menyembuhkan luka dan mencegah pertumbuhan malaria dalam tubuh.

5.Melawan radikal bebas
Jantung pisang ternyata mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini bisa bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi jantung pisang dengan suplemen kesehatan lain bisa menurunkan risiko penuaan dini dan memerangi kanker dalam tubuh.

Selamat Mencoba!

Iklan Bawah Artikel

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.