Iklan Atas Artikel

Batam – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepri meminta kepada Pemerintah Daerah untuk bisa mempermudah dan melindungi dunia usaha yang akan dibawa oleh investor dari berbagai negara.

Sehingga berbagai peluang dunia usaha yang akan maupun sudah masuk bisa terus tumbuh dan berkembang di Provinsi Kepulauan Riau.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Selain itu, mudahnya proses perizinan usaha yang diberikan oleh pemerintah daerah dipastikan akan menjadi daya tarik bagi investor.

Demikian hal ini disampaikan Ketua Kadin Kepri Ahmad Ma’ruf Maulana saat membuka Rapimprov ke V Tahun 2019 di Sahid Hotel Batam center dan Convention Batam, Rabu (27/11/2019) pagi.

Kegiatan yang yang mengusung tema “Kepastian Hukum Berinvestasi di Kepri” ini, dihadiri seluruh ketua Kadin yang ada di seluruh wilayah Provinsi Kepri.

“Kadin mengapresiasikan Rapimprov. Dimana kegiatan ini, sengaja mengusung tema kepastian hukum berinvetasi di Kepri. Mengingat hingga saat ini masih ada sesuatu hal yang dianggap tidak pasti dalam dunia investasi di Kepri. Salah satunya, menyangkut pajak penerangan jalan umum (PJU) yang dinggap sangat memberatkan dunia usaha khususnya industri jasa,” terang Ketua Kadin Kepri.

Ia pun mengaku telah meminta keada DPRD Kepri untuk menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan institusi terkait guna mempertanyakan pajak PJU tersebut dari 6 menjadi 8 persen.

“Kami juga akan mempertanyakan dasar hukumnya seperti apa. Mengingat dampak kenaikan ini pastinya akan sangat berpengaruh pada dunia usaha, khususnya kepri,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, ia pun memaparkan pencapaian yang sudah dilakukan oleh Kadin Kepri. Diantaranya suksesnya Kadin Kepri dalam ‘memboyong’ investor dari Amerika Serikat ke Batam, Provinsi Kepri..

Untuk itu, pihaknya meminta kepada Pemerintah Daerah agar bisa memberikan kepastian hukum di Kepri dan Batam, sebagaimana instruksi dari Presiden Jokowi guna memberikan kepastian hukum bagi investor.

“Kami inginkan pemerintah daerah hadir dan melindungi dunia usaha, sehingga peluang dunia usaha yang sudah masuk bisa terus tumbuh dan berkembang. Sehingga hal ini, secara tidak langsung akan memicu pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepri,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepri Isdianto mengapresiasikan kegiatan yang digelar oleh Kadin Kepri. Dimana dari hasil ini, nantinya akan mendapatan rumusan-rumusan yang sangat menarik untuk Provinsi kepri nantinya.

“Untuk menjadi ajuan dalam menarik investasi di kepri kedepannya, karena memang kita harus rajin dalam mengejar investor untuk masuk ke kepri. Jika kita mau ekonomi di kepri lebih baik lagi kedepannya,” ucap Isdianto kepada awak media.

Isdianto yakin, dengan adanya Rapimprov kadin Kepri tersebut, ekonomi Kepri akan mengalami peningkatan yang lebih baik.

“Dengan adanya Rapimprov ini, saya memiliki keyakinan bahwa ekonomi di kepri akan meningkat lagi kedepannya,” katanya.

Terkait masuknya investor baru di kepri kurang lebih 11 Investor, Plt Gubernur Kepri itu sangat mengapresiasi perjuangan Kadin Kepri. “Alhamdulillah itu suatu kabar baik dan kita membuka semua peluang-peluang investasi yang masuk ke kepri. dan hal ini sesuai dengan pesan dari presiden jokowi, jika ada Investor yang akan masuk ke kita dan nilainya untuk ekspor sangat tinggi, ibaratnya kita pejam mata saja akan kita beriakan dan dukung penuh,” tegas Isdianto.

Terkait Kepastian Hukum, Isdianto kembali menegaskan bahwa akan mendukung dan memberikan ruang kepastian hukum yang akan membuat nyaman para investor, yang akan berinvestasi ke wilayah Kepri.

“Soal itu pasti kita akan menjamin, dan terbukti saat ini sudah berjalan dengan baik. dimana semua elemen telah bersinegri untuk menjaga hal tersebut. Intinya kita sangat mendukung penuh semua investasi yang masuk dan bisa memberikan nilai tambah bagi kepri. khususnya perekonomin di kepri lebih meningkat lagi. dan dalam perjalannyan, nantinya semua birokrasi yang dianggap mempersulit akan kita mudahkan semuanya. Dan tentunya kita akan meminta masukan dari berbagai pihak khususnya pelaku usaha. jika masih ada yang berbelit-belit, maka silakan sampaikan ke kita,” tegasnya.(*)

Iklan Bawah Artikel


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.