Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Kulit merupakan bagian terluar yang ada pada tubuh. Bagian tubuh ini tidak pernah beristirahat, sekalipun saat kamu tidur. Bahkan ketika tidur di malam hari, kulit justru lebih aktif beregenerasi menggantikan sel-sel yang sudah mati. Namun, proses ini kerap terganggu akibat kamu tidak membersihkan atau menyisakan makeup saat tidur.

Memang, setelah melakukan aktivitas seharian penuh membuat kamu kerap malas membersihkan makeup dan ingin langsung segera istirahat saja. Namun, ini bukan merupakan kebiasaan yang dianjurkan untuk dilakukan. Pasalnya, dengan tidak membersihkan makeup sebelum tidur bisa memunculkan gangguan-gangguan pada kulit wajah kamu khususnya.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Pori-pori Tersumbat

Tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah bisa membuat pori-pori wajah menjadi tersumbat. Ya, makeup yang dibiarkan dan tidak dibersihkan saat sebelum tidur akan menyerap bersamaan dengan produksi minyak pada kulit wajah.

Ini akan membuat kotoran menjadi masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya. Inilah yang pada akhirnya menimbulkan munculnya komedo, jerawat, kering, kusam, hingga terjadi peradangan pada kulit.

Kulit Wajah Mudah Iritasi

Hampir kebanyakan produk makeup memiliki kandungan bahan kimia, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Kandungan bahan kimia yang dibiarkan menempel pada wajah saat tidur semalaman bisa membuatnya menyerap ke dalam kulit.

Selain itu, apabila terkena paparan udara, debu atau polusi kulit yang sudah terkontaminasi dengan bahan kimia akan mudah mengalami iritasi dan meradang.

Menghambat Proses Regenerasi Kulit

Di saat kamu tertidur di malam hari, merupakan waktu dimana kulit memperbarui sel-selnya. Nah, apabila kamu masih meninggalkan makeup atau tidak membersihkan makeup dengan bersih sebelum tidur, maka bisa merusak proses alami ini.

Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya kulit rentan dan mengalami kerusakan. Apalagi bila kamu sering kali melakukan kebiasaan buruk ini.

Merusak Kesahatan Bibir

Apabila kamu kerap menggunakan makeup secara keseluruhan alias full makeup, kamu perlu secara ekstra untuk membersihkan satu-satu bagian yang terpoleskan oleh bahan-bahan makeup. Misalnya saja seperti bibir. Apabila kamu tidak membersihkan lipstik pada bibir dengan bersih, maka akan menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan mudah mengelupas.

Hal ini bisa terjadi karena kandungan yang ada pada lipstik bisa mempercepat pigmentasi bibir alias menghitam. Untuk itu, setelah menggunakan lipstik ada baiknya kamu melakukan scrub bibir setelah menghapus lipstik tersebut. Setelahnya, kamu bisa mengaplikasikan lip balm atau pelembap bibir saat sebelum tidur.

Infeksi Mata

Begitu juga pada aera bagian mata yang kerap kamu aplikasikan dengan produk makeup. Apabila kamu tidak membersihkannya hingga bersih saat sebelum tidur, maka akan mengganggu atau berbahaya untuk kesehatan mata kamu.

Hal ini dikarenakan adanya butiran-butiran makeup seperti eyeshadow atau maskara yang bisa menyumbat lubang air mata, masuk ke dalam mata, dan menyebabkan infeksi.

Tidak hanya itu, bulu mata kamu juga akan mudah rontok akibat maskara dan lem bulu mata yang masih menempel terlalu lama. (liputan6)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.