Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Kepala Divisi Keuangan dan Umum Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan Kementerian Pemuda dan Olahraga (LPDUK Kemenpora), Pangestu Adi Widodo.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, Adi akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi dana hibah dari Kemenpora ke KONI untuk tersangka Sekjen Koni, Ending Fuad Hamidy.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

“Yang bersangkutan kami periksa sebagai saksi untuk tersangka EFH (Ending Fuad Hamidy),” ucapnya, Senin (11/2/2019).

Ini merupakan panggilan kedua Adi. Sebelumnya, ia pernah diperiksa oleh KPK pada Selasa (8/1/2019) lalu sebagai saksi untuk tersangka yang sama.

Selain Adi, KPK juga memanggil dua saksi lainnya, yaitu Sekretaris Tim Verifikasi Kemenpora, Cucu Sundara, dan Kepala Bidang Asisten Deputi Pembibitan Kemenpora, Bambang Siswanto.

Terkait kasus ini, KPK menetapkan lima tersangka dalam kasus dugaan suap pencairan dana hibah ke KONI. Mereka ialah, selaku pemberi Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy dan Bendahara Umum KONI Johny E Awuy.

Sementara itu, selaku penerima ialah Deputi IV Kemepora Mulyana, Pejabat Pembuat Komitmen pada Kemenpora Adhi Purnomo, Staf Kemenpora Eko Triyanto.

Uang Rp100 juta tersebut berataskan nama Johny E Awuy namun dalam penguasaan Mulyana. Sedangkan mobil Chevrolet Captiva merupakan milik Eko Triyanto.

Dalam kasus ini, diduga ada kesepakatan antara Kemenpora dan KONI untuk mengalokasikan fee sebesar 19,13 persen dari total dana hibah Rp17,9 miliar, yaitu sejumlah Rp3,4 miliar. (cw6/ys)

Iklan Bawah Artikel

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.