Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id, Jakarta – Mengenal kota Jakarta dimulai dengan mencicipi ragam kuliner khas Betawi. Tiap tahun Pemprov DKI saat Haul DKI selalu menyajikan kelima menu tersebut. Kuliner Betawi ini masih bisa dijumpai dan tersedia disemua pelosok disekitar ibukota. Beragam pilihan kuliner khas Betawi berikut yang cukup populer dan banyak diminati.

Kerak Telor

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Jangan ngaku orang Jakarta jika belum nyobain makanan yang satu ini!. Kerak telor yang biasanya dapat Anda temukan di Pekan Raya Jakarta (PRJ) ini merupakan makanan wajib yang harus dicoba saat berkunjung ke Jakarta.

Kerak telor yang juga dijuluki ‘Omelet Batavia’. Makanan yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda ini merupakan campuran dari telur ayam dan beras ketan yang kemudian dimasak di atas bara api sembari dikipasi.

Yang unik dari kerak telor adalah proses pembuatannya. Saat kerak telor setengah matang, wajan akan di balik menghadap bara api sehingga kerak telor akan terbakar bara api hingga matang dan ditaburi kelapa yang telah di ongseng dengan rempah.serta bawang goreng. Makanan yang satu ini terbilang langka, orang bilang hanya muncul setahun sekali saat perayaan ulang tahun kota Jakarta.

Padahal, sekarang bisa dijumpai tiap hari seperti di Kota Tua, Pasar Malam Jiung, Taman Tebet, Tanah Abang, Condet dan tempat lainnya.

Laksa Betawi

Laksa dikenal dan populer sebagai makanan khas Betawi, namun sebenarnya cita rasa dari laksa merupakan perpaduan dari bahan-bahan masakan khas Tiongkok dan Melayu.

Kuah laksa yang berwarna kuning merupakan hasil racikan dari beragam rempah-rempah, mulai dari lengkuas, merica temu kunci, cabai hingga udang rebon. Untuk lauknya, menu makanan yang sudah ada sejak puluhan tahun silam ini biasanya berisi telur, ketupat, daun kemangi, kucai, tauge dan bawang goreng. Juga lebih mantaaf ditambah semur daging ataupun ayam goreng

dicabein beserta emping goreng . Biasanya pada hari keagamaan seoerti Idul Fitri dan Idul Adha masyarakat asli Betawi pada membuatnya. Diluar hari besar bisa ditemukan makanan yang satu ini di sekitaran daerah Jakarta Barat.

Asinan Betawi

Bosan dengan salad khas negara barat? coba beralih dengan asinan Betawi saja! Makanan favorit para turis saat berkunjung ke Jakarta ini berisi bermacam-macam buah dan sayuran yang dipadukan dengan kuah gula merah. Penambahan keripik mi kuning, krupuk dan kacang goreng juga akan membuat makanan yang identik dengan ulang tahun Jakarta ini makin lezat. Kuliner ini jadi salah satu kuliner yang patut Anda coba! Anda bisa mencarinya di Rawamangun atsupun Otista.

Gado-gado Betawi

Makanan yang pertama kali ditemukan oleh masyarakat Kampung Tugu yang merupakan keturunan Portugis ini, cocok untuk Anda yang suka dengan menu makanan sehat. Tidak susah kok menemukan gerai makanan yang menjual Gado-Gado, karena makanan yang terkenal akan rasa gurih bumbu kacangnya ini dengan berbsgai macam sayur mayurnya ditambah telor, bawang goreng dan krupuk sudah menjadi makanan umum warga Jakarta.

Kue Rangi

Kue rangi merupakan kue tradisional khas Betawi yang memiliki rasa legit percampuran manis dan asin. Kudapan legendaris ini juga sering dikenal dengan nama sagu rangi. Kue tang dibuat dari sagu ini yang dibuat diatas cetakan dengan panas api kayu bakar ini yang diatas kuenya setelah matang dilapisi gula merah yang tercampur dalam sagu.

Kue rangi sudah mulai langka untuk ditemui, diperlukan sedikit usaha untuk menemukan penjual dari kue rangi tersebut.(Guffe)

Iklan Bawah Artikel


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.