Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Mantan tentara Miroslav Marcek mengakui telah membunuh wartawan investigasi Jan Kuciak dan tunangannya, Martina Kusnirova. Marcek menghabisi keduanya dengan menembakkan senjata api.

Pengakuan Marcek diungkapkan dalam persidangan di Pengadilan Kejahatan Khusus di Pezinok, utara Bratislava, Slovakia, Senin (13/1/2020). Bekas serdadu itu menyatakan bersalah, pengakuan yang bisa membuatnya mendapatkan keringanan dari hukuman seumur hidup.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Marcek didakwa menembak mati Jan Kuciak dan Martina Kusnirova di kediaman pasangan itu di Velka Maca, sekitar 65 kilometer timur Bratislava, Ibu Kota Slovakia, pada Februari 2018. Polisi yang menerima laporan mendapati Kuciak tewas dengan dua peluru menembus dadanya, sementara Kusnirova ditembak pada kepala.

“Saya bersalah seperti disebutkan pasal 1,” kata Marcel di pengadilan saat hakim memerintahkan empat terdakwa memberikan pernyataan atas dakwaan tim jaksa, seperti dikutip The Guardians.

Dalam kasus pembunuhan yang mengguncang Slovakia ini, dua terdakwa lain dinyatakan tidak bersalah. Salah satu terdakwa itu yakni pengusaha Marian Kocner yang didakwa sebagai otak pembunuhan.

Kocner semula dituding sebagai orang yang memerintahkan pembunuhan sadis tersebut. Sementara satu terdakwa lainnya yang disebut polisi membantu Marcek melakukan pembunuhan, tidak membuat pernyataan dalam persidangan.

Kuciak merupakan jurnalis investigasi di portal berita Aktuality.sk. Dia menelisik dugaan penipuan pajak dari sejumlah pengusaha yang diduga memiliki koneksi dengan politisi papan atas Slovakia.

Pembunuhan Kuciak memicu demonstrasi besar-besaran di negara itu. Rakyat turun ke jalan mendesak agar kasus korupsi yang melibatkan pejabat elite pemerintahan diusut tuntas. Aksi unjuk rasa masif ini pun memaksa Perdana Menteri Robert Fico dan kepala kepolisian negara itu mundur dari jabatannya.

Tidak hanya itu, sejumlah pejabat tinggi kehakiman juga mengundurkan diri setelah hasil penyelidikan menunjukkan mereka pernah berkomunikasi dengan Kocner, figur sentral dalam peliputan Kuciak.

Pengakuan Marcek sesungguhnya tidak mengejutkan karena televisi Slovakia pernah melaporkan pernyataan sumber-sumber kepolisian yang menyebut tersangka utama itu mengaku bersalah saat menjalani pemeriksaan.

Adapun tersangka kelima, Zoltan Andrusko, pada Desember mengaku membantu proses pembunuhan. Dia dijatuhi hukuman penjara 15 tahun. (iNews)

Iklan Bawah Artikel


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.