Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Penangkapan Duta Besar (Dubes) Inggris Rob Macaire di Teheran, Iran, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Kanselir Jerman Angela Merkel melayangkan protes. Dalam keterangan persnya, Boris dan Merkel menyebut penangkapan tersebut sebagai pelanggaran hukum internasional.

Pemerintah Inggris menyampaikan bahwa Inggris dan Jerman tengah membahas kemungkinan konflik di Iran berujung pada krisis nuklir. Kedua negara berkomitmen untuk memastikan krisis itu tidak akan pernah terjadi.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

“Kedua pemimpin akan berupaya agar Iran tidak memiliki senjata nuklir dan memastikan mereka tetap patuh pada perjanjian kepemilikan senjata nuklir.”sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin, (13/1/2020).

Dalam pertemuan di hari Minggu, keduanya membahas peristiwa jatuhnya pesawat Ukraine International Airlines. (Selain itu) Mereka mengutuk penangkapan Dubes Inggris di Teheran dan menganggapnya sebagai pelanggaran hukum internasional.

Dubes Macaire, yang mengawali tugasnya pada April 2018, ditangkap aparat keamanan Iran dengan tuduhan mengorganisasi, memprovokasi, dan melakukan tindakan radikal. Adapun ia ditangkap saat menghadiri unjuk rasa anti pemerintah Iran, di depan Universitas Amir Kabir, terkait penembakan pesawat Ukraine International Airlines.(Arum)

Iklan Bawah Artikel


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.