Ali Syamsu Zein, S.Kom Lulusan sarjana komputer di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Aktif menulis sejak tahun 2010 "Kun Fayakun"

Cara Memperbaiki IC Power Tanpa Ganti, Pas Buat Pemula!

1 min read

Cara Memperbaiki IC Power

Cara Memperbaiki IC Power tanpa tukar – Ada bermacam tipe IC (Integrated Sirkuit), misalkan IC power, IC pengisi daya, IC audio dan sebagainya. Tetapi ini kali kita mengulas IC power saja.

Sisi ini berada di dalam elemen HP. Anda harus membedah handphone dahulu untuk mendapati IC power. Karena ada dalam, melakukan perbaikan juga tidak gampang.

Dikutip dari website marijang.id, Sebetulnya lebih gampang menukar IC power dibanding membedah HP sampai mendapati IC power ini. Jika menukar IC, kita cukup beli ke internet, terus meminta seorang memasangkannya. Harga IC power tidak demikian mahal.

Walau demikian, ulasan tetap sesuai judulnya. Langkah membenahi IC power tanpa menukarnya, alias masih tetap menggunakan IC power yang serupa. Tetapi sebelumnya, silahkan pahami lebih dalam berkenaan IC power.

Apa Itu IC Power?

Cara Memperbaiki IC Power

IC power ialah elemen HP yang bekerja memberi tegangan daya ke elemen seperti monitor, signal, IC yang lain dan lain-lain. Dia ialah tombol power HP kita, yang bila didesak akan membuat HP hidup dan bekerja seharusnya.

Dia seperti sebuah cetekan lampu. Bila tidak didesak, lampu tidak berpijar.

Apa yang Terjadi Bila IC Powe Hancur?

IC power yang hancur kuat hubungannya dengan HP yang tidak dapat berpijar. Saat tombol power didesak, HP tidak ingin hidup, saat dicharger, sisi monitor tidak munculkan jendela pengisian seperti HP sehat secara umum, lalu imbas lain dari IC power hancur ialah Anda kehilangan signal handphone.

Pemicu IC Power Hancur

Berikut sejumlah pemicu IC power dapat hancur:

  • HP Anda terlampau tua, waktunya menabung untuk beli HP baru
  • Anda mempunyai rutinitas mengecas kelamaan
  • HP Anda kerap panas
  • HP terserang air
  • HP Anda pernah dihubungkan ke speaker aktif dengan tegangan tinggi
    Pada HP mode terkini, ada feature baru, di mana kita dapat hidupkan HP tanpa perlu memencet tombol power. Misalkan dengan mengetok monitor 2x, atau menghadapkan monitor HP ke muka kita.

Beli HP baru jadi jalan keluar tepat menangani IC power hancur tanpa perlu menukarnya.

Cara Memperbaiki IC Power Tanpa Tukar

Ada langkah menangani IC power tanpa perlu ditukar. Dalam pertanda kutip jika permasalahannya tidak begitu kronis, karena itu tidak ada apa-apa bila tidak ditukar.

Misalkan IC power hancur karena terserang air. Langkah menanganinya dengan buka HP Anda, terus mencari sisi IC power dan membersihkan memakai bahan pencuci seperti etanol-alkohol atau spiritus mentil yang cepat kering.

Membersihkan sisi IC power, selanjutnya nantikan kering. Lantas pasang HP Anda kembali dan nyalakan, apa dapat kembali bekerja atau mungkin tidak?

Jika HP tidak ingin berpijar dan tidak dapat diisi daya, kemungkinan ada permasalahan dengan pengisi daya yang tidak dapat mengantarkan ampera yang diperlukan.

Cari dioda daya yang dekat sama tempat terminal battery di mana Anda menyaksikan beberapa titik seperti VBat, BSI, GND dan lain-lain.

Live Streaming Gratis : Yandex.com VPN

Bila HP Anda mati (imbas IC power hancur satu diantaranya ialah HP mati) sesudah diflash jika Anda pernah lakukan flash pada HP, langkah menangani permasalahan ini dengan cari dan peroleh firmware yang pas selanjutnya kerjakan flash ulangi.

Jika permasalahan Anda lebih kronis dari yang disebut, harus harus tukar IC power. Harga tidak berapa, paling Rp 100.000 dapat.

Tetapi bergantung type, ada yang mahal dan murah. Dan tidak boleh lupakan ada ongkos service HP jika Anda memakai jasa service.

Ingat membedah dan menukar IC power perlu perlengkapan seperti solder uap, timah pasta, lem atau undershield dan sebagainya. Apa Anda memiliki? Bila tidak, berikan saja pekerjaannya pada orang yang pakar.

Rate this post
Ali Syamsu Zein, S.Kom Lulusan sarjana komputer di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Aktif menulis sejak tahun 2010 "Kun Fayakun"