Ali Syamsu Zein, S.Kom Lulusan sarjana komputer di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Aktif menulis sejak tahun 2010 "Kun Fayakun"

Menggunakan aplikasi eKinerja untuk memantau kinerja ASN

1 min read

Aplikasi eKinerja merupakan aplikasi yang dapat mendukung program pemerintah. Aplikasi ini dapat berbuat baik dalam administrasi keuangan publik. Namun, harus dilakukan secara profesional.

Aplikasi ini sekarang telah digunakan dan diwajibkan oleh hukum. Pembuatan alat ini sendiri juga berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 yang berisi tentang Aparatur Sipil Negara
Memahami aplikasi eKinerja dan fungsinya

Sebelum memahami langkah-langkah menggunakan alat ini, disarankan agar Anda terlebih dahulu membiasakan diri dengan aplikasi ini. Tujuan pembuatannya tentu saja untuk memudahkan pengelolaan kinerja ASN. Aparatur sipil negara bertanggung jawab untuk melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Berikut adalah beberapa fitur dari aplikasi.

Ringkasan kumulatif dari ketidakhadiran

Layanan ini dapat digunakan untuk menghitung ketidakhadiran ASN dalam waktu tertentu. Kumulasi ini bisa untuk kebutuhan bulanan, triwulanan, setengah tahunan hingga tahunan.

Absen Elektronik

Absensi elektronik merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua ASN. Dengan menggunakan aplikasi ini, mudah untuk mendapatkan ringkasan jumlah kehadiran secara elektronik.

Pembayaran Uang Elektronik

Aplikasi ini juga dapat digunakan dalam kaitannya dengan pembayaran uang karena ketidakhadiran. Pembayaran tidak harus dilakukan dengan perhitungan terlebih dahulu.

entri laporan pekerjaan

Adanya aplikasi ini akan memudahkan ASN dalam memberikan laporan kerja dan memantau kinerja.

evaluasi prestasi kerja

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja aparatur sipil negara.
Hal-hal yang Anda perlukan untuk menggunakan aplikasi ini

Beberapa perangkat diperlukan untuk menggunakan aplikasi ini. Anda harus mempersiapkannya dengan sebaik-baiknya agar proses kerja dapat dilakukan dengan lancar dan tanpa kendala. Untuk menggunakan aplikasi, beberapa perangkat berikut diperlukan.

server

Komputer server merupakan hal mutlak yang perlu disediakan saat bekerja dengan aplikasi ini. Komputer yang digunakan harus memiliki RAM minimal 8 GB. Hard drive dengan setidaknya 1 TB dan setidaknya satu prosesor Intel Xeon.

klien komputer

Selain komputer server, komputer klien juga harus digunakan. Spesifikasinya berbeda dengan spesifikasi yang digunakan untuk server. Untuk komputer client minimal RAM 2 GB, harddisk minimal 250 GB dengan prosesor minimal Pentium 4.

Pencetak

Perangkat ini nantinya akan digunakan untuk mencetak dokumen. Anda dapat mencetak soft copy dari aplikasi yang akan langsung diunduh.

pemindai

File yang berisi surat, foto atau dokumen asli lainnya biasanya diperlukan untuk melakukan pelaporan tugas dari ASN. Oleh karena itu, dalam hal ini diperlukan sebuah scanner.

pembaca barcode

Ini adalah salah satu alat yang digunakan untuk memverifikasi keaslian surat yang dikeluarkan. Jadi, Anda perlu menyiapkan pembaca kode batang untuk menyelesaikan pekerjaan.

sistem operasi

Sistem operasi alias OS disarankan untuk menggunakan Windows/Linux. Menggunakan sistem operasi membuat proses penggunaan eKinerja menjadi lebih mudah dan lancar.

jaringan

Server web adalah hal yang perlu diinstal secara individual sesuai dengan kebutuhan Anda.
Spesifikasi dari aplikasi eKinerja yang banyak digunakan

Bila semua perangkat tersebut sudah Anda siapkan, aplikasi sudah bisa digunakan. Sebagai informasi, eKinerja ini memiliki spesifikasi sebagai berikut.

Sistem operasi menggunakan Gratis. Untuk pemrograman LAP adalah PHP. Antarmuka yang digunakan adalah Smarty. Kerangka kerja yang digunakan oleh Codelgniter. Basis datanya menggunakan MySQL. Server web adalah server web Apache

Berbagai data penting kinerja ASN tentunya dapat dihasilkan dengan lebih mudah dengan eKinerja. Kini aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Ini karena banyak orang telah menikmati manfaat dari aplikasi eKinerja.

Sumber :

Rate this post
Ali Syamsu Zein, S.Kom Lulusan sarjana komputer di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Aktif menulis sejak tahun 2010 "Kun Fayakun"