Ali Syamsu Zein, S.Kom Lulusan sarjana komputer di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Aktif menulis sejak tahun 2010 "Kun Fayakun"

Cara Membuat Podcast di Spotify dengan Anchor untuk Pemula

1 min read

Apakah Anda suka menonton atau hanya mendengarkan podcast? Jika demikian, apakah Anda ingin membuat podcast Anda sendiri? Kamu bisa belajar cara membuat podcast di Spotify dengan anchor untuk pemula! Kali ini kita akan membahasnya lebih detail.

Tahukah Anda bahwa Spotify sering digunakan untuk mendengarkan atau mengunggah podcast? Nah, jika Anda tertarik untuk menceritakan banyak hal atau memotivasi semua orang. Kemudian Anda dapat menggunakan salah satu layanan streaming keren ini.

Masalahnya tidak semua orang yang memiliki minat atau kemampuan untuk membuat podcast tahu bagaimana melakukannya. Bahkan, Spotify juga menjadi salah satu tempat yang tepat. Pertama mari kita lihat caranya.

Tahapan dan Cara Membuat Podcast di Spotify

Ada berbagai langkah dan syarat saat ingin mengunggah podcast ke Spotify. Tapi jangan khawatir, kita akan membahasnya satu per satu. Berikut langkah-langkahnya:

Buat Akun Spotify

Ya, langkah pertama adalah membuat akun Spotify. Tentu saja, untuk membuat podcast atau mengunggah file podcast, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Jika Anda tidak memilikinya, bagaimana Anda bisa menggunakan layanan ini, bukan?

Cara membuat akunnya juga tidak sulit. Anda dapat membuat akun dengan masuk di https://podcasters.spotify.com/. Kemudian akan ada pilihan tombol login.

Jika Anda mengklik tombol, Anda memiliki opsi untuk masuk menggunakan akses apa pun. Misalnya akun FB atau Google. Dan buat akun podcast Anda terlebih dahulu.

Sumber Dari: edudinkopsolo.id

Pilih dan Ciptakan Podcast Keren

Jika Anda sudah memiliki akun. Kemudian cukup buat podcast atau pilih file podcast yang dibuat sebelumnya. Caranya juga tidak sulit, namun ada aturan pengarsipan yang harus Anda ketahui, yaitu:

Kualitas audio yang dapat diunggah dengan bit rate dari 96 hingga 320 kbps ISO/IEC 11172-3 MPEG-1 Part 3 (MP3).
Anda hanya dapat mengunggah ukuran file maksimum 200MB per episode podcast. Dan untuk 128 kbps, waktu maksimalnya adalah 200 menit. Sedangkan untuk 320 kbps maksimal 83 menit.
Jangan lupa untuk mengkodekan saat memasukkan karakter khusus.
Judul podcast maksimum adalah 20 karakter.
Podcast RSS memiliki setidaknya 1 episode dan terdiri dari nama dan gambar.
Grafik podcast harus dalam format jpg atau png dan rasio skala 1:1.

Platform Hosting Podcast

Anda juga harus menemukan dan memilih platform untuk menyimpan file podcast yang Anda unggah. Karena Spotify sendiri tidak memiliki platform untuk menyimpan file podcast kamu. Anda dapat menggunakan layanan yang tersedia di www.anchor.fm.

Cukup ikuti petunjuk dan langkah demi langkah pada tautan di atas. Jika berhasil maka akan langsung tersedia pada layanan Ready to Publish.

Dan langkah ini berfungsi jika Anda menggunakan platform ini, tetapi Anda perlu menyalin umpan RRS ke Spotify jika Anda menggunakan platform lain.

Sumber Dari: www.ksp-sgi.co.id

Salin RSS Feed

Jika Anda memilih platform lain untuk menggunakan penyimpanan file podcast. Kemudian Anda perlu menyalin umpan RSS dan menautkannya ke akun Spotify Anda. Triknya adalah:

Pergi ke https://podcasters.spotify.com/
Klik ikon tiga titik di pojok kiri atas dan pilih Tambahkan atau klaim podcast.
Masukkan tautan umpan RSS di kolom.
Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email Anda.
Uji.
Menyelesaikan.

Cara membuat podcast di Spotify. Baik baik saja?

Rate this post
Ali Syamsu Zein, S.Kom Lulusan sarjana komputer di salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Aktif menulis sejak tahun 2010 "Kun Fayakun"

Rentang iPhone 14 akan memiliki desain layar punch-hole berbentuk…

Tahun 2022 baru saja memasuki hari ketiganya, namun selama beberapa pekan belakangan ini, bocoran mengenai smartphone terbaru besutan Apple seri iPhone 14 terus bermunculan....
Ali Syamsu Zein, S.Kom
1 min read