Iklan Atas Artikel

Otoritasnews.co.id – Daun poh-pohan paling sering digunakan sebagai lalapan, terutama pada masakan sunda. Rasanya yang khas dan aromanya yang harum, sangat cocok untuk menambah citarasa makanan. Namun, bukan itu saja manfaat daun pohpohan. Daun ini sangat kaya nutrisi sehingga berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Kandungan Gizi Daun Pohpohan

Advertise!Iklan Dalam Artikel

Hasil penelitian kandungan kimia simplisia menunjukan adanya golongan senyawa steroid/triterpenoid, alkaloid dan flavonoid, serbuk simplisia siektraksi secara maserasi berturut turut menggunakan n-heksana, etil asetat dan etanol. Ektrak etil asetat difraksinasi secara kromatografi cair vagum dan kromatografi kolom klasik dengan system elusi landaian. Isolat dimurnikan secara kromatografi lapis tipis preparative dan dikarakterisasi menggunakan penampak bercak spesifik , spektrofotometri ultraviolet sinar tampak, dan spektrofotometri inframerah, isolate merupakan senyawa alkaloid yang mempunyai gugus .NH2-CH3, -CH2, >C=), >C=C< dan memiliki ikatan rangkap terkonyugasi.

Kandungan gizi yang terdapat dalam daun pohpohan (per 100 gr bahan) yaitu energi 37 Kal, protein 2,5 gr, lemak 0,8 gr, karbohidrat 6,9 gr, Kalsium (Ca) 744,0 mg, fosfor 80,0 mg, besi 5,9 mg, vitamin A 900 RE, vitamin C 5 mg, vitamin B1 0,03 mg, air 87,4 gr dan BODnya 69 %. Dengan melihat komposisinya ternyata daun pohpohan sangat tinggi kandungan kalsium per 100 gr (744,0 mg) jika dibandingkan dengan sayuran lain, misalnya daun katuk 540 mg, daun singkong 165 mg dan daun bayam 267 mg. Tubuh manusia sangat memerlukan kalsium untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi pada masa pertumbuhan anak-anak hingga remaja, pada saat hamil dan selama masa menyusui.

10 Manfaat Daun Pohpohan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit, Yuk simak berikut ini:

1. Kulit kering dan kusam

Vitamin dan mineral dalam sayur pohpohan ternyata efektif untuk menjaga kelembaban kulit, sehingga terhindar dari kulit kusam dan retak-retak.

2. Gangguan jantung

Meskipun ukurannya kecil, tapi jantung punya peranan yang sangat penting bagi tubuh. Dengan adanya jantung, darah akan tersalurkan ke seluruh sel tubuh. Fungsi ini membutuhkan kontraksi otot jantung secara rutin. Nah, kalsium berperan dalam memperlihatkan energi bagi perluasan jantung. Daun pohpohan mengantongi kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi.

3. Risiko kanker

Antioksidan dalam daun pohpohan efektif dalam menumpas radikal bebas, penyebab kanker. Antioksidan ini juga berguna untuk menetralisir racun dalam tubuh, serta mencegah peradangan. Senyawa flavonoida dalam pohpohan juga bersifat sebagai anti kanker. Benar-benar sayur yang menyehatkan tubuh, yang bisa mencegah kanker usus.

4.Kepikunan dini

Pengiriman sinyal saraf memerlukan ion kalsium, agar berjalan dengan baik. Kekurangan asupan kalsium akan mengganggu sinyal saraf, serta sanggup memicu penurunan memori. Nah, salah satu sumber kalsium yang baik yaitu daun pohpohan.

5.Kencing manis

Sayur pohpohan berguna untuk menormalkan kembali fungsi pankreas,sehingga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah agar tidak melonjak.

6.Penurunan imunitas

Defisiensi kalsium juga sanggup berakibat turunnya kekebalan tubuh. Kondisi ini akan menciptakan badan lebih rentan terhadap serangan penyakit. Jadi, tidak salah bagi mereka yang menyukai lalapan berupa daun poh-pohan.

7.Tekanan darah tinggi

Mineral penting dalam sayur pohpohan ternyata berguna untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Manfaat ini sanggup diperoleh dengan mengkonsumsi daunnya secara teratur.

8.Osteoporosis

Kalsium juga berperan dalam pembentukan tulang yang kuat, sebagai penyusun kerangka tubuh. Tiap 100 gram daun pohpohan mengandung 744 mg kalsium, jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan kalsium pada bayam dan daun singkong.

Asupan kalsium yang memadai bisa mencegah pengapuran pada tulang yang sering disebut osteoporosis.

9.Nyeri otot tulang

Kalsium diharapkan untuk pergerakan otot jantung yang normal. Kekurangan mineral ini akan mengganggu keseimbangan dan koordinasi gerakan tubuh. Gerakan badan sangat dipengaruhi oleh stimulasi otot tulang,dimana stimulasi ini sangat membutuhkan asupan kalsium. Defisiensi kalsium akan menjadikan nyeri pada otot tulang. Nah, daun pohpohan kaya akan kalsium, sehingga sanggup menghindarkan duduk perkara nyeri tulang bagi seseorang yang rutin mengkonsumsinya.

10.Sakit pinggang dan kram

Daun pohpohan yang dikonsumsi sebagai lalapan ataupun dimasak, bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot termasuk pinggang. Dengan rutin mengkonsumsi daun ini, duduk perkara sakit pinggang sanggup teratasi.

Nah, itulah manfaat manfaat daun pohpohan bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga Bermanfaat & Selamat Mencoba!

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.