Iklan Atas Artikel

www.Otoritasnews.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik untuk tidak kembali pada 1 Januari 2020. Berkaca pada pengalaman sebelumnya, tanggal tahun baru biasanya terjadi kemacetan parah.

Menhub mengimbau pemudik yang menggunakan angkutan darat atau laut bisa kembali sebelum tanggal 1 Januari, misalnya tanggal 29 atau 30 Desember 2019.

Advertise!Iklan Dalam Artikel

“Saya menyarankan jangan pulang tanggal 1 (Januari 2020), kalau bisa tanggal 29 (Desember 2019). Tanggal 1 itu pasti akan penuh sekali karena orang akan berkumpul di satu titik, rest area-nya kurang,” kata Menhub di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Selasa (24/12/2019).

Menhub menyebut lokasi rawan penumpukan pemudik di antaranya Pelabuhan Merah-Bakaheuni dan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali). Dengan demikian, pemudik harus siap saat melewati titik-titik itu.

Dari sisi pemerintah, Menhub mengaku telah menyiapkan antisipasi untuk menghadapi lonjakan arus balik. Koordinasi dilakukan dengan Korlantas Polri dan Pertamina.

“Di Cipali saya mengimbau jangan tanggal 1 pulangnya. tetapi saya nanti malam tahun baru ada di Cirebon. Saya akan amati bersama Kakorlantas melihat di sana, supaya jangan kejadian (kemacetan parah),” ucapnya.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu berharap persiapan yang dilakukan pemerintah cukup, sehingga masyarakat bisa mudik dengan aman dan nyaman.

“Semoga apa yang kita sudah persiapkan ini, bisa dijalankan dengan baik dan mudik ini tetap asyik, karena Pak Presiden selalu berpesan ‘Pak Menteri bahagiakan mereka yang akan mudik’,” ucapnya. (iNews)

Iklan Bawah Artikel


Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.